Senin, 10 Oktober 2011

1.Database hirarkis adalah database model tertua dari lima model database.Dalam database hirarkis field atau record di atur dalam kelompok-kelompok yang berhubungan menyerupai pohon, dengan record child(level lebih rendah) berada di bawah record parent(level lebih tinggi).
Model ini di gunakan pada tahun 1970-an pada mainframe untuk sisem penyimpanan pita(tape storage) dan masih digunakan di beberapa tipe sistem reservasi penumpang.



2.
2.Database Jaringan adalah perkembangan dari model database hirarkis.database jaringan sama dengan database hirarkis, namun setiap record childnya bisa memiliki lebih dari satu record parent dan sebaliknya(satu record child bisa memilki beberapa parent).database jaringan pada dasarnya digunakan dengan mainframe.



3,Database Rasional menghubungkan data pada file-file berbeda dengan menggunakan sebuah kunci atau elemen data yang umum.Contoh program DBMS mikrokomputer, yang semuanya rasional, adalah paradox dan Access. Model rasional yang di gunakan dalam sistem komputer yang besar adalah Oracle, Informix, dan Sybase.

Cara Kerja Database Rasional
Dalam database rasional, tidak ada akses yang berjalan menurun seperti sebuah hirarki. Elemen-elemen data disimpan dalam tabel yang berbentuk tabel dan kolom. Dalam istilah database, tabel di sebut relasi(file), baris di sebut tuples(record),dan kolomnya di sebut atribut(field). Dalam model database hirarkis dan jaringan, data di atur menurut alamat fisik, tetapi dalam model rasional data justru diatur secara logis yaitu berdasarkan isi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar